Giat Bersama Penanganan Covid-19 di Kecamatan Kraton

Relawan se-Kecamatan Kraton mengadakan Giat Bersama Penanganan Covid-19, Minggu (1/11) di Alun-alun Kidul Yogya. Kegiatan ini diawali dengan Apel Kesiapsiagaan Bencana dilanjutkan penyemprotan disinfektan yang di bagi di tiga wilayah yakni Kelurahan Panembahan, Kelurahan Patehan, dan Kelurahan Kadipaten.

Camat Kraton yang juga sebagai Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kraton, Widodo Mujiyatno mengatakan, kegiatan ini melibatkan banyak relawan seperti KTB Patehan,  KTB Taman,  KTB Kadipaten, KTB Ngasem,  KTB Gamelan. Tak hanya itu, relawan juga datang dari Komunitas, Jogonagan, Paksi Kraton, Code X, Pareanom, serta semua instansi terkait.

“ Kegiatan ini dikemas dari temen-temen relawan dan Kampung KTB yang ada di lima kampung Kecamatan Kraton. Selain itu, relawan juga datang dari komunitas. Kegiatan ini dalam rangka “ngaruhke” warga juga salah satu bentuk silaturahmi dan komunikasi  mengingatkan warga akan pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Kraton ini,” ungkapnya.

Widodo menambahkan, sebelum dilakukannya kegiatan tersebut, pihaknya memastikan bahwa semua anggota sehat jasmani rohani.

“ Kita harus sehat dulu sebelum memberikan informasi kepada masyarakat. Kegiatan ini adalah swadaya dari mereka, salah satu bentuk kepedulian mereka,” jelas Widodo.

Kegiatan ini juga didukung Kapolsek, Koramil, Satpol PP, serta Mahasiswa KKN yang ada di Kecamatan Kraton Yogyakarta. Kegiatan seperti ini tidak hanya karena pandemi Covid-19, namun pada kondisi hujan seperti saat ini membuat masyarakat harus lebih waspada akan terjadinya angin dan bencana alam lainnya serta penyakit Demam Berdarah.

“ Selain Covid-19, kita juga mengingatkan kepada masyarakat adanya cuaca hujan seperti saat ini, diharapkan lebih berhati-hati dan selalu menjaga kondisi badan. Kegiatan ini nantinya kita muter dan dibagi di beberapa wilayah di tiga kelurahan yakni Panembahan, Patehan dan Kadipaten. Relawan yang ikut adalah mereka yang masing-masing peduli dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya,” tambahnya.

Widodo juga menambahkan, kegiatan ini bersifat preventif yakni dengan melalui sosialisasi terus menerus diharapkan masyarakat mentaati protokol kesehatan. Selain itu, pihaknya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker.

“ Upaya penganggulangan di masyarajat ini diharapkan mampu memutuskan mata-rantai virus Covid-19,” ujar Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Kraton ini.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kraton, Komisaris Polisi (Kompol) Isrowiyah mengatakan, kepolisian akan siap mengawal kegiatan Giat Bersama Penanganan Covid-19 yang diikuti Relawan se-Kecamatan Kraton.

“ Kami ikut mengawal relawan Giat Bersama Penanganan Covid-19 yang di bagi menjadi tiga wilayah. Nantinya dari 8 personil yang hadir kami bagi dan mengawal mereka agar jalan tetap kondusif,” jelasnya.

Disisi lain pihaknya berharap, selama kegiatan berlangsung tidak melupakan protokol kesehatan demi menjaga diri dan tidak menyebabkan klaster baru.

“ Harapannya tetap kita melaksanakan protokol kesehatan, wajib memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir serta jaga jarak dan hindari kerumunan agar tidak terjadi klaster baru. Semoga pandemi ini cepat berlalu,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memberikan pengertian dan edukasi kepada warga tentang pentingnya menggunakan masker, melakukan hidup sehat, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak.

Hal sama juga dikatakan oleh salah satu relawan dari KTB Patehan sekaligus Koordinator Acara Giat Bersama Penanganan Covid-19 se-Kecamatan Kraton, Nowo Edi Wijayanto bahwa kegiatan ini sebagai bentuk edukasi ke masyarakat sekaligus awal mula untuk menjadikan Kecamatan Kraton tertib menggunakan masker.

“ Kita menekankan disini untuk mematuhi protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker. Untuk penyemprotan sendiri hanya di beberapa tempat saja, mengingat di setiap wilayah sudah memiliki jadwal penyomprotan masing-masing di setiap minggunya,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini semua masyarakat di wilayah Kecamatan Kraton tetap melakukan protokol kesehatan demi menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.

“ Hari ini sekitar 150 orang mengikuti acara ini, awalnya kita hanya menargetkan 100 orang namun antusiasnya dari relawan sendiri cukup besar.  Semoga ini akan berjalan ke depannya dan menjadikan warga Kecamatan Kraton tertib menggunakan masker," jelas Nowo Edi.