WISATA KAMPUNG SAYUR DITENGAH KOTA

Kampung Sayur Naga Asri bertempat di Jalan Nogosari Lor merupakan salah satu ikon unik di Kelurahan Kadipaten, Kapanewon Kraton. Tidak seperti kampung sayur lainnya, pengembangan lahan pertanian dilaksanakan mandiri oleh masing-masing anggota kelompok tani di rumahnya menggunakan pot dan sistem bertanam vertikal. Selain hemat tempat, manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh pegiatnya. Menanam dengan pot juga dapat meningkatkan harga jual dan estetika tanaman sayur.

Kampung Sayur Naga Asri dicanangkan sebagai model Kawasan Ramah Pangan Lestari sejak tahun 2013. Menurut bu Atik Susilowati, salah satu penggerak dari Kampung Sayur ini, kawasan Kampung Sayur memang dimaksudkan sebagai percontohan, dan memotivasi masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan di rumah untuk bercocok tanam. 

Beliau mengakui tidak mudah untuk mengajak masyarakat agar mau menanam sayur di pekarangan rumah. Untuk meningkatkan motivasi masyarakat, bu Atik biasa melombakan tanaman-tanaman yang dibudidayakan warga di rumahnya, dan menghadiahkan tanaman produktif seperti tanaman buah jeruk atau tanaman lain yang dapat menjadi sumber pangan dan penghasilan jika dikelola.

Tidak hanya sayur-sayuran, di kawasan ini juga dapat dijumpai kolam-kolam ikan lele yang dibudidayakan warga menggunakan bak semen. Ke depannya, bu Atik berencana mengembangkan wisata Kampung Sayur Kadipaten sebagai wisata kuliner dan wisata selfie untuk meningkatkan pengunjung sekaligus pelanggan sayur mayur yang dijual di kawasan ini.

Simak video wawancara dengan bu Atik di kanal Youtube resmi Kelurahan Kadipaten