Penyaluran BST Di Wilayah Kemantren Kraton Yogyakarta.

Program Bantuan Sosial Tunai (BST) kali ini dibagikan di wilayah masing-masing di tiap Kelurahan Kemantren Kraton Yogyakarta, yang sebelumnya pembagiannya dilaksanakan di Kantor Pos. Dikarenakan adanya PPKM Level 4 maka pelaksanaannya dilaksanakan di masing-masing Kelurahan agar tidak terjadi kerumunan. Pelaksanaannya telah dilaksanaksan pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 23-24 Juli 2021. Acara ini dibuka langsung oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Yogyakarta Bapak Widodo Mujiyatna.

                            

                            

Penerimaan BST di Kelurahan Panembahan pada hari Jumat (23/07/2021).

Bantuan Sosial Tunai (BST)  adalah merupakan bantuan sosial dari Pemerintah melalui Kementrian Sosial  yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19  untuk membantu meringankan dalam memenuhi kebutuhan pokok. Sasaran penerimanya khusus bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang jumlahnya di setiap Kelurahan berbeda. Di Kelurahan Panembahan jumlah KPM yang menerima 241, Kelurahan Patehan 127 dan Kelurahan Kadipaten sejumlah 135.  

                                 

Pembagian BST di Halaman Kelurahan Patehan pada hari Sabtu (24/07/2021).

Besaran yang diterima tiap warga adalah 300.000 pertahapannya, dan kali ini masyarakat menerima untuk 2 tahap sekaligus yaitu tahap 14 dan 15 untuk bulan Mei dan Juni sejumlah 600.000. Untuk syarat pengambilannya dengan membawa Fotokopi KTP, KK dan undangan yang diterima sebelumnya yang sudah ditulisi nama penerima bansos. Penerima bansos harus datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan kecuali karena beberapa faktor seperti misalnya penerima bansos sedang melakukan isolasi mandiri nanti yang bersangkutan akan dihubungi oleh pihak kantor pos. Jika ada warga yang sakit dan benar-benar tidak bisa bangun nanti boleh ada perwakilannya datang untuk antri  dengan membawa kelengkapan syaratnya dan nanti pihak kantor pos akan mendatangi rumahnya untuk diambil fotonya sebagai bukti kalau memang yang bersangkutan benar-benar sakit dan tidak bisa datang ke lokasi.

                                          

Pembagian BST di Aula Kelurahan Kadipaten pada hari Sabtu (24/07/2021).

Pelaksanaan pembagian BST ini berjalan lancar dan semoga dengan penyaluran bantuan ini warga masyarakat Kemantren Kraton khususnya dapat mempergunakannya dengan baik dan dapat membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini.