KAWASAN SUMBU FILOSOFIS YANG HARUS DIJAGA KEBERSIHANNYA

Resik-resik Alun-Alun Kidul Seloso Wage

KTNews. Selasa (22/02/2022), Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton bersama Mantri Anom, Lurah dari 3 Kelurahan (Panembahan, Patehan, Kadipaten), Kepala Jawatan, Kasubbag, BKO Satpol PP,  karyawan karyawati dan para pelaku usaha yang ada di Alun-alun Kidul melaksanakan kerja bakti resik-resik Alun-alun Kidul.

                                                          

Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton memberi arahan kepada pelaku usaha sebelum kerja bakti dimulai

Kegiatan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Ketua dan Pengurus Paguyuban para pelaku usaha pada hari Jumat (28/01/2022) membahas tentang Penataan Alun-alun Selatan, maka disampaikan bahwa Alun-alun Selatan sebagai salah satu bagian Kawasan Sumbu Filosofis Kraton Yogyakarta yaitu yang dimulai dari Tugu Pal Putih sampai dengan Panggung Krapyak yang mana akan menjadi warisan budaya dunia yang harus dijaga ketertiban, dan kebersihannya. Sehubungan dengan hal tersebut dan sesuai dengan hasil rapat maka setiap Hari Selasa Wage disepakati para pelaku usaha untuk libur dan melaksanakan kerja bakti kebersihan di Alun-Alun Selatan.

                                       

                                                          

Pelaku usaha Alun-alun Kidul bersama Karyawan/ti Kemantren Kraton melaksanakan kerja bakti Resik-resik Seloso Wage

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada para pelaku usaha di alkid ( alun alun kidul ) yang memahami bahwa kawasan tersebut perlu dijaga baik ketertiban maupun kebersihan. Sehingga bersedia gotong royong melaksanakan kerja bhakti", kata Mantri Pamong Praja Kraton Drs.Sumargandi, M.Si. Pelaksanaan kerja bhakti Selasa Wage juga disambut para pelaku usaha di seputar Alkid. Bahkan mereka rela libur tidak menjalankan usahanya. "Mudah mudahan kerja bhakti Selasa Wage di Alkid bisa berlanjut sehingga terwujud pesona Alikid yang bersih dan tertata. " imbuh Mantri Pamong Praja Kraton.