FESTIVAL KETHOPRAK KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

KTNews. Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pementasannya biasanya berisi sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan. Tema cerita dalam sebuah pertunjukan kethoprak bermacam-macam, biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa.

Tahun ini Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar Festival Kethoprak Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2022 dengan tema partisipasi generasi muda dalam pengembangan seni kethoprak di tengah dinamika perkembangan jaman, sedangkan naskahnya sendiri bertema tentang sejarah Mataram dari masa Panembahan Senopati hingga Hamengkubuwono I. Festival ini diikuti oleh 14 Tim Kethoprak dari 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta dan diselenggarakan mulai tanggal 12 - 15 Juli 2022 pukul 19.00 WIB di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta.

Penyelenggaraan Festival ini menjadi ajang kompetisi terbuka antar kekuatan potensi dan kualitas saji seni kethoprak di Kota Yogyakarta yang dihimpun untuk mencapai prestasi terbaik sehingga kegiatan pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan seni kethoprak dapat lebih terstruktur dan terukur.

Tujuan diadakan Festival ini adalah untuk melestarikan seni pertunjukan kethoprak dalam rangka meningkatkan daya akses seni pertunjukan kethoprak yang berkualitas kepada masyarakat, meningkatkan kualitas pembinaan kethoprak, sarana penguatan identitas dari Kethoprak Mataram yang sudah ada, juga sebagai sarana mewujudkan acuan pengembangan dalam pemanfaatan seni kethoprak masa kini dan mendatang.