Lakon “Ganong Sokawati” Raih Juara 2 Festival Kethoprak Kota Yogyakarta 2022.

KTNews. Festival Kethoprak Kota Yogyakarta 2022 telah selesai diselenggarakan. Acara yang diadakan di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 12 – 15 Juli 2022 lalu diikuti oleh 14 Tim Kethoprak dari 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY ini bertujuan untuk melestarikan seni pertunjukan kethoprak dalam rangka meningkatkan daya akses seni pertunjukan yang berkualitas kepada masyarakat.

Lakon “Ganong Sokawati” yang dibawakan oleh Tim Kethoprak dari Kemantren Kraton berhasil membawa mereka menjadi juara kedua. Sementara itu untuk peringkat pertama diraih oleh Tim Kethoprak dari Kemantren Mantrijeron dengan lakon “Klilip” dan peringkat ketiga diraih oleh Tim Kethoprak dari Kemantren Kotagede dengan lakon “Wadi”. Aspek penilaian yang dinilai oleh dewan juri meliputi, penyutradaraan kethoprak, keaktoran kethoprak, tata panggung kethoprak, rias busana kethoprak dan karawitan kethoprak.

Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Bapak Sumargandi, M.Si memberikan ucapan selamat kepada Tim Kethoprak Kemantren Kraton atas peringkat yang telah diraih, beliau berharap semoga kedepannya bisa lebih baik dan semoga dengan adanya Festival Kethoprak ini bisa melestarikan dan mengembangkan seni budaya terutama seni kethoprak.

Dalam ajang ini para pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai. Untuk juara pertama meraih hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta, juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4,5 juta dan juara ketiga sebesar Rp 4 juta.