Kemantren Kraton Raih Juara 1 Festival Permainan Tradisional.

KTNews. Dinas Kebudayaan (Kudha Kabudayan) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Festival Permainan Tradisional Kota Yogyakarta Tahun 2022 denag tema “Guyub, Srawung Doalanan Bareng”. Menampilkan perwakilan dari 14 Kemantren dan telah dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 3-4 september 2022 kemarin di Plaza Ngasem Kemantren Kraton.

Festival ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Ir.Aman Yuriadijaya, M.M., dan juga oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kudha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos.,M.M. Acara ini juga dihadiri oleh Mantri Pamong Praja maupun perwakilan dari 14 Kemantren yang ada di Kota Yogyakarta.

Semua penampilan yang disuguhkan sangat menarik dan sekaligus mengingatkan permainan dulu yang saat ini hampir dilupakan atau mungkin di masa ini anak-anak tidak ada yang mengetahui permainan seperti itu. Dalam Festival Permainan Tradisional ini Kemantren Kraton meraih juara pertama, Kemantren Wirobrajan juara kedua dan Kemantren Gedongtengen meraih juara ketiga.

Dengan adanya Festival ini diharapkan banyak anak yang tertarik kesenian tradisional dan mempertahankan dolanan tradisional ditengah era modernisasi.