Kraton Jogja Gelar Hajad Dalem Sekaten 2022

Kraton Jogja menggelar Hajad Dalem Sekaten 2022 mulai Sabtu malam ini (01/10) hingga Jumat (07/10). Agenda diawali dengan acara Miyos Gangsa.
Miyos gangsa berasal dari bahasa jawa krama inggil yang mempunyai arti, miyos=lahir, keluar  dan gangsa= perunggu, gamelan. Jadi Miyos Gangsa bisa diartikan keluarnya gamelan,  dua perangkat gamelan dari dalam keraton yang lalu di tempatkan di dua buah tempat (Pagongan) di halaman masjid Gedhe Kauman yang kemudian ditabuh/dibunyikan secara bergantian terus menerus dalam beberapa hari menjelang puncak acara sekaten yakni tanggal 12 Rabiul awal/Mulud atau tanggal Nabi Muhammad SAW dilahirkan.


Gamelan Sekati, yakni Kanjeng Kyai Nagawilaga dan Kanjeng Kyai Guntur Madu saat ini sudah berada di Bangsal Pancaniti sedang ditabuh (dibunyikan) oleh Abdi Dalem Kridha Mardawa dan akan dibawa menuju Masjid Gedhe Kauman, melewati Siti Hinggil Kraton Yogyakarta melewati Pagelaran, Alun-alun Utara untuk selanjutnya ke barat menuju gapura dan masuk ke area Masjid Gedhe Kauman, kemudian di tempatkan di Pagongan Masjid Gedhe Kauman.


Setelah ditabuh dalam beberapa hari terus menerus dan bergantian dan berhenti disaat waktu sholat, hingga menjelang peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW,  kedua gamelan akan dibawa masuk lagi ke Kraton dalam prosesi Kondur Gangsa pada tanggal 7 oktober malam.
Kondur Gangsa adalah salah satu prosesi adat menjelang Grebeg Maulud. Inti dari prosesi ini adalah mengembalikan gamelan Kanjeng Kyai Guntur Madu dan Kanjeng Kyai Nagawilaga dari Pagongan Masjid Gedhe menuju Bangsal Trajumas di Kraton Jogja. Prosesi ini diawali dengan Nyadhong Dwaja (proses pengambilan bendera Bregada), pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW di Kagungan Dalem Masjid Gedhe, hingga menyebar udhik-udhik (membagi uang koin).


Pada pelaksanaan Kondur Gangsa nanti, Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyebar udhik-udhik  ke rakyat/masyarakat. Sebar udhik-udhik merupakan wujud sedekah dari raja. Udhik-udhik disebar secara terbatas untuk umum. Sementara udhik-udhik pada prosesi Miyos Gangsa kali ini akan disebar oleh Utusan Dalem. https://youtu.be/zdfT36-wX4U

#kemantrenkraton #kelurahanpatehan #kelurahankadipaten #kelurahanpanembahan #kratonjogja #miyosgangsa