Usai Gladi Bersih, Besok 7 Oktober Puncak Acara HUT Kota Jogja Ke 266.

KTNews. Puncak peringatan HUT Kota Jogja ke 266 akan dilaksanakan pada Jumat 7 Oktober 2022 pukul 18.30 WIB dengan menyajikan acara Wayang Jogja Night Carnival #7 yang dipusatkan di kawasan Tugu Jogja.

Wayang Jogja Night Carnival mengusung konsep karnaval jalanan (art on the street) dan melibatkan penari-penari dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta dengan kreatifitas koreografi danĀ  musik yang megah dengan mengusung tema 'Lokananta Arjuna Anugraha'. Lokananta merupakan seperangkat gamelan dari Suralaya, istana dewa-dewa di kahyangan. Di dalam cerita pewayangan, gamelan Lokananta hanya ditabuh secara khusus sebanyak dua kali, yakni dalam acara pernikahan Baladewa dengan Erawati dan pernikahan Arjuna dengan Sembadra.

Selain itu, tema ini diambil sebagai wujud rasa syukur bersama masyarakat Kota Jogja yang telah berhasil melewati masa pandemi COVID-19 sesuai dengan tema HUT Kota Jogja tahun ini yaitu Sulih, Pulih,Luwih. Sulih yang berarti berpindah danĀ  beradaptasi ke keadaan yang lebih baik, Pulih berarti sembuh, dan Luwih yang artinya berkembang menjadi lebih baik.

Dengan diadakan acara ini maka perlu diperhatikan juga mengenai ruas-ruas jalan yang akan ditutup dan dilihkan demi kelancaram acara ini. Penutupan jalan mulai pukul 15.00 WIB - selesai. Jalan yang ditutup antara lain Jalan Jenderal Sudirman di depan McD Sudirman ke barat arah Tugu, Jalan Faridan M Noto di depan Museum Sandi ke utara, Jalan Jenderal Sudirman depan Gramedia ke arah barat, Jalan P Mangkubumi simpang empat SMPN 6 Jogja ke selatan arah Tugu, Jalan P Diponegoro simpang empat Pingit ke timur arah Tugu dan Jalan Suryonegaran Bundaran Samsat Kota Jogja ke arah timur.

Sedangkan untuk kantong parkir yang disediakan adalah di Jalan Pakuningratan, Jalan Kranggan, Jalan Poncowinatan, Jalan Gowongan Lor dan Jalan di sekitar kawasan Kotabaru. Bagi warga yang ingin datang dan menyaksikan agar tidak terjadi kemacetan atau jauhnya area parkir ke lokasi acara bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan online.