Evaluasi Kinerja Kemantren Tahun 2022 Kemantren Kraton, Greget…Sengguh…Ora Mingkuh!!!

KTNews. Selasa (18/10/2022), Tim Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) berkunjung ke Kemantren Kraton dalam rangka penilaian hasil EKK yang telah dilaksanakan oleh Kemantren Kraton sejak tanggal 19 September hingga 4 Oktober kemarin. Turut hadir dalam acara ini yaitu Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton, Mantri Anom, Danramil Kraton, Kapolsek Kraton, Kepala KUA Kraton, Kepala Puskesmas Kraton, Lurah 3 Kelurahan (Patehan, Panembahan, Kadipaten), seluruh Kepala Jawatan se-Kemantren Kraton, seluruh Kepala Sub Bagian se-Kemantren Kraton, Kepala FKI, Koordinator SIGRAK, Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat, Kepala Unit Layanan Konsultasi Psikologi UNISA, TKSK Kemantren Kraton, pendamping PKH Kemantren Kraton, PKB Kemantren Kraton, BKO Kemantren Kraton dan Staff Kemantren Kraton.

Penilaian Evaluasi Kinerja Kemantren ini mencakup beberapa indikator yaitu :

1. Aspek penyelenggaraan tugas atributif,

2. Aspek penyelenggaraan tugas delegatif,

3. Aspek penyelenggaraan tugas pemerintahan umum,

4. Aspek penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan,

5. Aspek tata kelola pemerintahan,

6. Aspek inovasi, prestasi dan penghargaan.

Indikator penilaian ini semua diatur dalam Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 382 Tahun 2022 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Kemantren.

Untuk Aspek penyelenggaraan tugas atributif meliputi Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Umum, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Masyarakat. Aspek ini mencakup mengenai Kegiatan trantibum yaitu pembinaan terhadap PKL, Reklame/rontek dan vandalis,  IMB/PBG, dll secara rutin dengan pelaporan setiap bulan, Gerakan Kampung Panca Tertib, Penanggulangan Kemiskinan, Penanganan KDRT, Pengarus Utamaan Gender (PUG), Keluarga Berencana, Bank Sampah, Kelana (Kemantren Layak Anak), Kegiatan Posyandu, Stunting, Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pelaksana Program Sanitasi Berbasis Masyarakat.

Selanjutnya Aspek penyelenggaraan tugas delegatif meliputi Jam Belajar Masyarakat (JBM), Kelurahan Siaga, Posbindu dan Universal Child Imunization.

Kemudian untuk Aspek penyelenggaraan tugas pemerintahan umum meliputi Ketahanan Bangsa, Kewaspadaan Dini dan Data Perubahan Sosial. Aspek ini mencakup Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Pembentukan FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kegiatan Upacara Pengibaran Bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan Tingkat Kemantren .

Selanjutnya untuk Aspek penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan meliputi Keterbukaan Informasi Publik, Profil di website Kemantren dan Kelurahan, Tata Laksana dan Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan. Aspek ini mencakup Papan Informasi , Bagan Alur Pelayanan, Visi, Misi dan Motto Pelayanan, leaflet dan brosur, 33 jenis SOP pada Kemantren Kraton yang ditetapkan dengan Keputusan MPP Kraton No 22/KPTS/KT/I/2022, Struktur Organisasi, Permohonan menggunakan SIM Layanan Kemantren , Ketua RT dan  RW di Kemantren Kraton yang sudah memiliki akun JSS, Pengaduan melalui JSS, 3 SPP (Standar Pelayanan Publik) yang ditetapkan dengan Keputusan MPP Kraton Nomor 50/KPTS/KT/XI/2021 tentang Penetapan Standar Pelayanan Publik (SPP)Penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan pada Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Nilai SKM Tahun 2022, Pendampingan pelayanan administrasi kependudukan melalui pelayanan pencetakan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kematian, Persentase Capaian Jumlah Rekam KTP, Persentase Capaian Jumlah Kepemilikan Akta Kelahiran, Jumlah Penduduk WNI di Kemantren Kraton per Agustus, Jumlah Kader Gisa, pendampingan OSS bagi Usaha Mikro Kecil Perorangan, Jumlah UMKM dan Pemohon NIB melalui OSS Berbasis Resiko.

Kemudian untuk Aspek tata kelola pemerintahan meliputi Dokumen Perencanaan, Pengendalian Penganggaran ( Renja, Renstra, PK, RKA, DPA ), Laporan Kinerja SKPD  ( LKIP, Laporan Fisik dan  Keuangan, SKM, Dokumen Pengendalian Risiko dan RKBMD ), Dokumen Musrenbang Kemantren, Dokumen Evaluasi Kelurahan, Pelaksanaan Administrasi Kepegawaian dan Pengelolaan Aset, Pemindahan arsip ke DIndukcapil, Pemusnahan arsip, Penataan arsip keuangan dan Penyerahan arsip masa peralihan.

Terakhir yaitu Aspek inovasi, prestasi dan penghargaan meliputi Inovasi, Prestasi dan Penghargaan. Inovasi yang disajikan oleh Kemantren Kraton yaitu Inovasi 1P3J (Satu Pintu Tiga Jendela) yang berbasis teknologi melalui Hotline Kemantren Kraton dan Inovasi Lapis Keraton (Layanan Pasar Kemis Kemantren Kraton) yang melayani 8 jenis layanan yaitu Penanganan Permasalahan Kesehatan Jiwa, Konsultasi dan Cek Kesehatan, Pendampingan Manajemen Bisnis UMKM, Konsultasi Pembayaran PBB P2, Pendampingan Perizinan Online Bangunan Gedung, Pendampingan Perizinan OSS (Online Single Submission), Layanan Bank Jogja dan Layanan Go-jak (Pajak Kendaraan bermotor). Sedangkan untuk Prestasi dan Penghargaan, pencapaian yang telah di raih Kemantren Kraton meliputi :

  1. Juara I (Pertama) Karang Taruna Berprestasi Tingkat Kota Yogyakarta (Karang Taruna Putih Baruna Kelurahan Patehan
  2. Juara III (tiga) Lomba Administrasi IVA Tingkat Kota Yogyakarta (Kelurahan Panembahan)
  3. Juara II Pemuda Pelopor Tingkat Kota Yogyakarta atas nama Muhammad Habib W (Kategori Agama, Sosial, dan Budaya)
  4. Juara III Pemuda Pelopor Tingkat Kota Yogyakarta atas nama Vincencius Adam P (Kategori Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata)
  5. Juara II B2SA Tingkat Kota Yogyakarta (Diwakili oleh Gandeng Gendong EAT_TH@) Kelurahan Panembahan
  6. Peringkat IV OPD Terinovatif Tingkat Kota Yogyakarta (INOVASI LAPIS KERATON)
  7. Peringkat I Kategori Eselon III Atas Prestsi Capaian Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021
  8. Juara III Masak Ikan Tingkat DIY Mewakili PKK Kota Yogyakarta
  9. Juara II Lomba UP2K Tingkat Kota Yogyakarta diselenggarakan oleh TP-PKK Kota Yogyakarta (diwakili  kel. Patehan)
  10. Juara II Lomba UP2K  yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM (diwakili kel. Kadipaten)
  11. Juara II Lomba Ketoprak Tingkat Kota Yogyakarta (diselenggarakan Dinas Kebudayaan)
  12. Juara I Festival Permainan Tradisional Kota Yogyakarta Tahun 2022 (diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

Setelah penilaian dilaksanakan Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan Kemantren Kraton dengan pencapaian pengisian EKK yang telah dilaksanakan. Mereka menilai bahwa apa yang telah dipaparkan bernilai positif dan baik.

Yel EKK Kematren Kraton…..Greget, Sengguh, Ora Mingkuh…..