Musrenbang Kemantren Kraton Tahun 2023 untuk Usulan Tahun 2024 “Peningkatan SDM Melalui Budaya, Wisata Yang Berwawasan Lingkungan”

KTNews. Selasa (07/02/2023), bertempat di nDalem Pakoeningratan diadakan kegiatan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kemantren Kraton Tahun 2023 untuk Usulan Tahun 2024 dengan tema “Peningkatan SDM Melalui Budaya, Wisata Yang Berwawasan Lingkungan”. Kegiatan ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kraton Drs. Sumargandi, M.Si, Mantri Anom Sulasmi, SIP., Anggota DPRD Kota Yogyakarta Komisi A Yustinus Kelik Mulyono, SIP., Danramil 11 Kraron, Kapolsek Kraton, Forkompimka, Lurah se-Kemantren Kraton, Ketua Kampung, perwakilan RT/RW, dengan jumlah peserta yang hadir keseluruhan adalah 100 orang dari semua unsur.

Sebelumnya juga sudah diadakan musrenbang tingkat kelurahan pada tanggal 19 januari 2023 musrenbang Kelurahan Patehan, 21 Januari 2023 Kelurahan Panembahan dan 25 Januari 2023 musrenbang Kelurahan Kadipaten. Semua usulan masyarakat yang sudah disampaikan melalui musrenbang Kelurahan disampaikan langsung di musrenbang Kemantren.

Musrenbang tingkat Kemantren adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota.

Dalam kesempatan ini Mantri Pamong Praja Drs. Sumargandi, M.Si. menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat Kemantren ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kemantren, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kemantren yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Kelurahan.

Hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang Kemantren ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program Kemantren terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.