BERTEBARANAN PENARI DALAM PUNCAK ACARA LIVING MUSEUM

Puncak Acara Living Musium Peringatan 11 Tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY

KTNews. Kemantren Kraton menggelar Puncak Pentas Seni Kamis 31/08/23 Pukul 19.00 WIB sd 22.00 WIB,  yang merupakan akhir dari rangkaian kegiatan dalam rangka  memperingati perayaan 11 tahun Undang-Undang  Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bertempat di Ndalem Pakuningratan Kemantren Kraton   Mantri Pamong Praja Kraton  Sumargandi  dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelar seni budaya 14 Kemantren di Kota Yogyakarta didukung Dana Keistimewaan DIY, selain Living Museum yang diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 30 - 31 Agustus 2023, juga ada  pentas seni. Tiap Kemantren menampilkan tradisi, kebudayaan dan juga kesenian di wilayahnya. Living Museum ini diadakan untuk pertama kali dan diharapkan berkelanjutan dan semakin meningkat kualitasnya, dapat menjadi daya tarik wisata budaya, khususnya di Kemantren Kraton. 

Hadir dalam acara tersebut Mantri Pamong Praja Kraton, Lurah serta pejabat wilayah setempat,  Forkompimtren Kemantren Kraton, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Anggota Dewan Komisi A DPRD Kota Yogyakarta.

Sebagai pembuka, Tarian Klana Topeng dari SMP Muhammadiyah 5, dilanjutkan pengumuman  lomba video dan  lomba kesenian.  Para pemenang kemudian tampil, baik dari kategori sekolah maupun kampung. Masing-masing Kelurahan juga menampilkan keseniannya antara lain dari Panembahan menampilkan Performance Biola, Tari Putri Adikarta,  dan tarian line dance dari Sanggar Gendhis Luwes Mangunegaran. Kelurahan Kadipaten  tari jaranan dan Kelurahan Patehan Golek Sulung Dayung. Acara ditutup dengan pertunjukkan Sendratari.