Posbindu dan Tes Kebugaran bagi Karyawan-karyawati Kemantren dan Forkopimtren Kraton

KT.News Kemantren Kraton bekerjasama dengan Puskesmas Kraton secara rutin mengadakan POSBINDU di Pendapa Madugondo, dilaksanakan setiap hari Kamis, sebagai bagian dari Kegiatan “LAPIS KERATON.” Sebagai sasaran adalah karyawan-karyawati Kemantren Kraton, Forkopimka, maupun warga masyarakat yang ingin cek kesehatan.

Kegiatan POSBINDU meliputi cek tekanan darah, berat badan, gula darah dan konsultasi kesehatan dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan serta apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

POSBINDU dilaksanakan pada Jumat, 25/08/2023 karena sekaligus bersamaan dengan dilaksanakannya  tes kebugaran.

Peserta meliputi personil Polsek, Koramil, KUA, Puskesmas dan seluruh pegawai se- Kemantren kraton sejumlah 52 orang, dengan hasil sebagai berikut: 71 persen peserta dinyatakan sehat dalam hal pengukuran tensi dan nadi sebelum tes kebugaran dan setelah tes kebugaran, sedangkan menurut Pengukuran IMT (Indeks Masa Tubuh) diperoleh hasil Normal. : 25 orang, Lebih : 18 orang, Pra Obesitas : 4 orang, Obesitas : 1 orang. Adapun Tingkat kebugaran jantung paru diperoleh hasil sebagai berikut : Kategori Baik : 1 orang, Cukup : 19 orang, Kurang : 22 orang, Kurang sekali : 10 orang.

Melihat hasil tes tersebut diatas, disarankan untuk tetap menjaga pola makan dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi , olahraga teratur dan rutin untuk cek kesehatan.