Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) 2023

KTNews. Kamis, 12 Oktober 2023 bertempat di Pendopo Madu Gondo, Kemantren Kraton menerima kunjungan Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) 2023. Evaluasi Kinerja Kemantren merupakan evaluasi atas aspek penyelenggaraan tugas atributif, tugas delegatif, tugas pemerintahan umum, pelayanan administrasi terpadu kemantren, tata Kelola pemerintahan hingga inovasi, prestasi dan penghargaan yang dilakukan oleh kemantren. Tujuan kegiatan ini antara lain mengoptimalkan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Kemantren, mendorong kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintahan di wilayah kerja Kemantren guna mempercepat pelaksanaan pembangunan, menyelaraskan fungsi pengoordinasian penyelenggaraan pemerintahan Kemantren, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, mengembangkan kemampuan, motivasi, kreativitas dan inovasi dalam mengakselerasi penyelenggaraan program pembangunan dan meningkatkan kreatifitas, inovasi dan kapasitas aparatur Kemantren.

Tim Penilai diketuai oleh Asisten Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta Drs. Yunianto Dwisutono beserta tim penilai dari BKPSDM, Tata Pemerintahan, Dinas Kesehatan, Dindikpora, DLH, Dindukcapil, Bagian Organisasi, Bappeda, Satpol PP, Bagian Adminbang, DP3AP2KB, DPMPTSP , Kesbangpol dan Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta

Kegiatan diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Mantri Pamong Praja Kraton, Drs. Sumargandi, M.Si menyampaikan sambutan selamat datang kepada Tim Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) dilanjutkan sambutan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono. Selanjutnya Mantri Pamong Praja Kraton menyampaikan paparan singkat mengenai Penanganan darurat sampah, Pencegahan dan penangulangan Stunting,Pencegahan Kematian ibu dan anak,Penerapan e-Government berupa system pelayanan digital, Penanggulangan Kemiskinan , Inovasi dan implentasinya, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan Tim EKK ke Sekretariat dan masing- masing Jawatan.

Pelaksanaan Penilaian Evaluasi Kinerja Kemantren Kraton tahun ini bertepatan dengan hari Kamis yang mana bersamaan dengan agenda rutin kegiatan Inovasi Lapis Keraton, meskipun bersamaan Lapis Keraton tetap dilaksanakan (tidak libur) yang meliputi layanan GOJAK (Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan), layanan Bank Jogja, layanan Konsultasi Psikologi, serta Posbindu. Pada kesempatan itu Bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono berkenan cek kesehatan di layanan Posbindu Lapis Keraton.