Reresik GUMATON ( Tugu Malioboro Kraton )

KTNews. Selasa Wage,19 Desember 2023 bertempat di Alun- alun Selatan diadakan kegiatan reresik Gumaton ( Tugu, Malioboro, Kraton ), kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat koordinasi pada hari Kamis tanggal 14 Desember 2023 bertempat di ruang rapat tenaga ahli wali kota membahas tentang pembersihan Gumaton ( Tugu, Malioboro, Kraton ) yang bertujuan untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa Gumaton sebagai destinasi wisata utama Kota Yogyakarta siap menerima kunjungan wisatawan dan warga Yogyakarta pada liburan Natal dan Tahun Baru.

          

Kerja bakti diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Kemantren Kraton bersama dengan paguyuban paparasi serta para pelaku usaha di Alun-alun Kidul.

Setelah selesai kerja bakti, Mantri Pamong Praja mengumpulkan para pelaku usaha serta dari ketua paguyuban dan seluruh anggotanya kemudian memberikan pengarahan terkait dengan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru dimohonkan kepada seluruh para pelaku usaha untuk menjajakan dagangannya sesuai harga wajar tidak nuthuk demikian pula kepada pelaku usaha parkir diminta juga tetap dengan harga yang wajar tidak nuthuk.  Selain itu pada para pelaku usaha diminta untuk menjajakan makanan yang bersih, sehat, dan layak konsumsi serta untuk selalu menjaga kebersihan Alun-alun Kidul.