KTNews. Indonesia akan melaksanakan pesta rakyat Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024. Rangkaian proses dan persiapan pergelaran pemilu sudah dilaksanakan secara bertahap agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar. Selain persiapan teknis, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kemantren Kraton juga mempersiapkan mental dan psikis dengan menggelar acara doa Bersama “Umbul Donga”.

Doa Bersama ini digelar hari ini Minggu, 11 Februari 2024 di Pendopo Madu Gondo Kantor Kemantren Kraton diikuti oleh seluruh anggota PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Panembahan, Kadipaten, dan Patehan. Turut hadir juga Mantri Pamong Praja Kraton, Lurah se-Kemantren Kraton, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Ketua Panwaslucam, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Ketua PPK Kraton menjelaskan tujuan dari acara ini adalah memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kemantren Kraton berjalan lancar. “Hari ini kita sengaja mengadakan Umbul Donga ini dan memohon kepada Tuhan YME agar Pemilu 2024 berjalan baik dan lancar”, jelas Wisnu Trilaksono.

Sedangkan dalam sambutannya Mantri Pamong Praja Kraton, Drs. Sumargandi, M.Si. mengatakan, “Semoga pelaksanaan Pemilu 2024 terkhususnya di Kemantren Kraton dapat berjalan aman, lancar dan terkendali. Dan mulai hari ini sudah memasuki masa tenang yang akan ditindaklanjuti dengan giat penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) serentak se Kota Yogyakarta”.

Acara doa bersama diakhiri secara simbolis dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur dan permohonan hal positif kepada Tuhan YME. (str)