PELATIHAN ADMINISTRASI BANK SAMPAH KEMANTREN KRATON MENUJU BANK SAMPAH MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA

KTNews. Pengelolaan Sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi Pengurangan dan Penanganan Sampah sesuai dengan PerMenLHK No 14 Th 2021 Tentang Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah. Senin, 26 Februari 2024 bertempat di Pendopo Madu Gondo Kemantren Kraton dilaksanakan Pelatihan Administrasi Bank Sampah yang dihadiri oleh koordinator Bank Sampah se Kemantren Kraton dengan narasumber Bapak Marsono FBS KOTA perwakilan dari Purbayan Kotagede, Ibu Suprapti  Panca FBS KOTA perwakilan dari Prawirodirjan Gondomanan, Ibu Sukarsih ketua Bank Sampah Tangan Utik Kadipaten kraton. 

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Drs. Sumargandi, M.Si. menjelaskan tujuan pelatihan ini untuk tertib administrasi dari kelengkapan dan kerapian dokumen administratif, sehingga kegiatan apa saja yang dilakukan oleh bank sampah siap untuk diperiksa dan dipertanggungjawabkan.

Narasumber, Bapak Marsono menjelaskan mengenai 8 buku pencatatan bank sampah dan fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle), sebagai sarana edukasi, perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan Ekonomi Sirkular, yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau pemerintah daerah. Ibu Suprapti  juga menjelaskan mengenai Tata kelola Bank Sampah harus memiliki struktur kelembagaan/struktur organisasi, dibentuk oleh Kepala Kelurahan/Kepala Desa, pelayanan mencakup wilayah rukun tetangga, rukun warga, kelurahan, dan/atau desa atau sebutan lainnya, memiliki nasabah dan memiliki prosedur operasional standar penyelenggaraan Bank Sampah. (Dyn)