KEMANTREN KRATON GELAR UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH MEMPERINGATI HUT RI KE 79 DI SMPN 16 YOGYAKARTA

KTNews. Pengibaran bendera adalah momen penuh makna yang menggugah semangat kebangsaan dan kebanggaan akan identitas bangsa. Setiap kali bendera dikibarkan, baik dalam upacara resmi kenegaraan, di sekolah, maupun dalam kegiatan sehari-hari, itu bukan sekadar rutinitas, melainkan sebuah simbolisasi dari persatuan, perjuangan, dan cita-cita bersama. Kemantren Kraton hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke 79 di SMPN 16 Yogyakarta.

Bertindak sebagai inspektur upacara Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Drs. Suamrgandi, M.Si., sebagai perwira upacara Mantri Anom Kemantren Kraton Sulasmi, S.IP,M.Si., selaku komandan upacara IPDA Nur Fauzan,SH, pembaca teks proklamasi ketua Panwaslucam Kemantren Kraton Sigit Agung Prasetyo Cahyo Kusumo, pembaca pembukaan UUD RI tahun 1945 pelajar SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta Pandu Armarendra, pembaca doa kepala Kantor Urusan Agama Kemantren Kraton Agus Sutrisno,S.Sos dan pembawa acara guru SDN Keputran 1 Yogyakarta Rizka Ainuddina, S.Pd. Upacara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara diikuti dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibaran Bendera dari siswa-siswi SMPN 16 Yogyakarta. Bendera Merah Putih dikibarkan dengan diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan oleh paduan suara siswa-siswi SMPN 16 Yogyakarta.

Gelar pengibaran bendera merah putih mengundang tamu dari beberapa elemen di wilayah Kemantren Kraton seperti Kapolsek Kraton, Danramil 11 Kraton, Lurah se Kemantren Kraton, Kepala UPT Puskesmas Kraton, Kepala KUA Kraton, Ketua LPMK se kemantren Kraton, Forkompinka Kraton, Kepala Sekolah SMPN 16 Yogyakarta, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, Kepala SDN se Kemantren Kraton, Ketua  TP PKK Kemantren Kraton, Ketua TP PKK Kelurahan se Kemantren Kraton, tokoh agama dr 3 Kelurahan, Pokdarwis 3 Kelurahan. Dan diikuti peserta upacara pengibaran bendera dari kelompok lembaga masyarakat, PPK dan PPS se Kemantren Kraton, pengurus TP PKK kemantren dan kelurahan, forum pembauran Kebangsaan dan Forum kewaspadaan Dini, Karangtaruna, perwakilan dr anak SD se Kemantren Kraton, perwakilan dr siswa siswi SMP N 16 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, guru dan karyawan SMPN 16 Yogyakarta, ASN /karyawan dan karyawati Kemantren Kraton, ASN/karyawan dan karyawati UPT Puskesmas Kraton, ASN/karyawan dan karyawati KUA, Koramil  dan Polsek Kraton.Upacara pengibaran bendera pada peringatan 17 Agustus kali ini menjadi momen yang tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga untuk memperkuat tekad dalam mengisi kemerdekaan dengan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan kali ini juga diumumkan pemenang lomba Cerdas Cermat Sapta Pesona Kemantren Kraton dengan tema Sadar Wisata yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2024 dengan Juara 1 Kelurahan Kadipaten, Juara 2 Kelurahan Patehan dan Juara 3 Kelurahan Panembahan. Pengibaran bendera juga menjadi pengingat akan tanggung jawab setiap warga negara untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Bendera yang berkibar adalah lambang tekad untuk terus menjaga keutuhan negara, memperjuangkan keadilan, serta memastikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Momen ini mengajak kita semua untuk merenung sejenak, menghargai apa yang telah dicapai, dan terus berkontribusi bagi kejayaan bangsa. (Dyn)

Dirgahayu RI ke 79

Nusantara Baru

Indonesia Maju

Merdeka