KEMANTREN KRATON GELAR UPACARA PENURUNAN BENDERA MERAH PUTIH MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 79 DI SMPN 16 YOGYAKARTA

KTNews. Sabtu, Kemantren Kraton tanggal 17 Agustus 2024. Upacara penurunan bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 berlangsung dengan khidmat di SMPN 16 Yogyakarta. Acara yang dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton, Kapolsek Kraton, danramil 11 Kraton, Kepala KUA Kraton, Kepala UPT Puskesmas Kraton, Lurah Patehan, Lurah Panembahan, Lurah Kadipaten, Ketua LPMK se-Kemantren Kraton, Forkompimka Kraton, Kepala SMP Muh 5 Yogyakarta, Kepala SMPN 16 Yogyakarta, Kepala SDN se-Kemantren Kraton, tokoh agama dr 3 Kelurahan dan diikuti peserta upacara penurunan bendera terdiri dari kelompok lembaga masyarakat, jajaran panwaslucam dan PKD kraton, Ketua kampung dan ketua RW se-Kemantren kraton, IPSM, perwakilan dr anak SD se-Kemantren Kraton, perwakilan dr siswa siswi SMP N 16 dan SMP Muh 5 Yk, Guru dan karyawan  SD Negeri se Kemantren Kraton Yk, ASN /karyawan dan karyawati Kemantren Kraton, ASN/karyawan dan karyawati UPT Puskesmas Kraton, ASN KUA Kraton, Koramil, Polsek Kraton dan warga masyarakat Kemantren Kraton menjadi momen bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara : Kapolsek Kraton AKP Dwi Pujiastuti,S.H,.M.M.

Perwira upacara : Polsek Kraton IPTU Dabang Tri Widodo

Komandan upacara : Koramil Kraton Peltu Lasiman

Pembawa acara : Guru SDN Panembahan Dwi Nuryati, S.Pd

Upacara dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara diikuti dengan penurunan bendera Merah Putih oleh Pasukan Penurunan Bendera dari siswa-siswa SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Bendera Merah Putih diturunkan dengan diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan oleh paduan suara siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Suasana haru terasa saat bendera mulai diturunkan mengingatkan kembali akan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 ini juga dirayakan di seluruh penjuru tanah air, mulai dari Sabang hingga Merauke, dengan berbagai kegiatan yang menggambarkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Rakyat Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat turut serta dalam peringatan ini, dengan harapan agar Indonesia terus maju dan sejahtera di masa depan. (Dyn)

Dirgahayu RI ke 79

Nusantara Baru

Indonesia Maju

Merdeka