KEMANTREN KRATON MEMAJUKAN UMKM DENGAN PELATIHAN PEMBUATAN PACKAGING TELUR ASIN

KTNews. Tanggal 4 September 2024 bertempat di Pendopo Madu Gondo Kemantren Kraton gelar Pelatihan Pembuatan Packaging Telur Asin dengan narasumber Endang Rukini guna meningkatkan keterampilan masyarakat terutama yang memiliki KMS dan kelompok UMKM diwilayah Kemantren Kraton untuk. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan produk lokal seperti telur asin. Dalam sambutannya Matri Pamong Praja menyampaikan agar dalam pelatihan ini dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Kemantren Kraton terutama masyarakat yang memiliki KMS supaya kedepannya stabil dalam ekonomi masing masing skala rumahtangga.  

Dalam pelatihan ini, peserta belajar proses pembuatan telur asin mulai dari persiapan bahan hingga teknik penyimpanan yang tepat untuk menjaga kualitas telur.Memberdayakan UMKM agar mereka dapat memiliki keterampilan baru yang bernilai ekonomi, seperti memproduksi telur asin di rumah. Pelatihan pembuatan packaging telur asin ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan pendapatan melalui produksi pangan lokal yang lebih terjangkau dan mudah dibuat.

Bahan bahan yang diperlukan dalam pelatihan ini adalah telur asin, tanah liat, garam dapur berzodium, abu gosok, alat pembersih telur dan plastik. Cara pembuatannya pertama telur dimasukkan ember yang penuh air untuk dicuci bersih dengan alat pembersih telur dan setelah itu dimasukkan dalam adonan tanah liat yang sudah dicampur dengan garam sampai telur terselimuti tanah kemudian dibalur abu gosok agar tanah tertutupi kemudian baru dipacking dengan palstik untuk memudahkan penyimpanan. Proses selanjutnya disimpan selama 14 hari, setelah 14 hari telur dibersihkan dan bias langsung direbus. Telur siap dinikmati. (Dyn)